Berita SMP Az-Zahra 2

Dipost: Selasa, 10 Februari 2015

MENUMBUHKAN CINTA TANAH AIR MELALUI UPACARA BENDERA

MENUMBUHKAN CINTA TANAH AIR  MELALUI UPACARA BENDERA

MENUMBUHKAN CINTA TANAH AIR 

MELALUI UPACARA BENDERA

 

       Upacara pengibaran bendera merah putih  adalah sebuah kalimat yang spele disebagian kalangan masyarakat, tetapi kalimat tersebut justru mengandung makna yang sangat bermanfaat bagi generasi muda zaman sekarang. Jika kalimat tersebut diresapi dan dipraktikkan secara saksama, maka manfaatnya begitu luar biasa bagi orang yang mempraktikkannya. Upacara bendera adalah rutinitas yang hampir dilakukan oleh setiap sekolah pada hari senin. Pada saat siswa mengikuti upacara bendera, biasanya mereka merasa kesal karena capek berdiri lama-lama, kepanasan, punggung terasa pegal, dan berbagai keluh-kesah lainnya.

         Upacara sebenarnya menjadi bagian dari interaksi edukatif. Upacara juga menjadi instrumen atau alat yang cukup efektif untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai tertentu serta upaya mengaktualkan potensi-potensi anak didik. Dalam upacara bendera sederet acara digelar yang semuanya bermuara pada kedisiplinan dan jiwa nasionalisme. Mulai dari anak-anak dibariskan dengan sangat rapi, sampai pembubaran barisan setelah selesai upacara bendera.

        Upacara bendera mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Bila anda mampu berdisiplin, maka pada saat pengibaran bendera itu, hati anda akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya. Di sanalah terlihat bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

      Upacara bendera mengajarkan kepada kita tentang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat peserta didik tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan anak muda.

            Ada beberapa manfaat dari upacara bendera, yaitu :

1.    Menumbuhkan potensi kepemimpinan

Setiap siswa secara bergilir diberi kesempatan untuk tampil memimpin upacara. Sebagai pemimpin upacara mereka dituntut untuk mampu tampil memimpin upacara.

2.    Membangun rasa percaya diri

Pengalaman membuktikan sebagian siswa masih mengalami demam panggung ketika harus tampil memimpin, namun sikap grogi itu akan hilang saat sudah terbiasa untuk memimpin.

3.    Membiasakan hidup tertib dan disiplin

Pada sebuah kegiatan upacara, terdapat aba-aba, ketertiban, disiplin berbaris, dan tata cara yang baku untuk peran pemimpin dan yang dipimpin. Ketika seseorang berperan memimpin harus bisa memainkan peran sesuai posisinya. Begitu juga yang berposisi sebagai yang dipimpin.

4.    Belajar bersosial dengan lingkungan

Dari kegiatan upacara diharapkan tumbuh kesadaran bahwa pada setiap kelompok sosial, demi tertib sosial terdapat aturan atau norma yang bersifat memaksa sebagai konsekuensi memasuki suatu kelompok sosial.

5.    Menumbuhkan semangat kebersamaan

Dalam posisi upacara, untuk melanjutkan gerakan atau aba-aba berikutnya ditempuh jika aba-aba sebelumnya telah sepenuhnya dilaksanakan. Saat terdapat beberapa siswa yang tidak mematuhi aba-aba maka gerakan tersebut tidak bisa dikatakan sempurna. Melalui pembiasaan yang demikian, diharapkan tumbuh kesadaran akan kebersamaan.

6.    Membangun sikap tenggang rasa

Pengalaman membuktikan meski seseorang sebelumnya sudah mempersiapkan diri namun ketika tampil memimpin seringkali melakukan kekeliruan. Ternyata berperan sebagai pemimpin tak semudah menerima atau melaksanakan aba-aba. Pengalaman-pengalaman seperti ini akan menumbuhkan kesadaran tenggang rasa.

7.    Belajar bertanggungjawab

Terdapat sejumlah hal yang harus dilaporkan seperti jumblah, kurang, hadir, dan keterangan masing-masing yang berhalangan hadir . pemimpin harus secara akurat melaporkannya kepada guru. Dan tujuan dari aturan tersebut yaitu untuk menumbuhkan sikap koreksi dan tanggungjawab.

 

       Jadi, dari paparan manfaat melaksanakan kegiatan upacara bendera tersebut, dapat disimpulkan bahwa jika generasi muda tetap mengikuti upacara bendera setiap hari senin dan di hari-hari peringatan hari besar nasional maka kepribadian generasi muda akan lebih baik dari sebelumnya. Tanpa sadar kepribadian yang baik akan dibentuk jika kita menghayati pelaksanaan upacara bendera.

 

http://wiwidandriyani.blogspot.com/

(Efri Arifin, S.Pd)